Home » » Waspadai Jamu Tradisional Oplosan yang Beredar di Pasaran

Waspadai Jamu Tradisional Oplosan yang Beredar di Pasaran


Surabaya - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur meminta masyarakat turut mewaspadai dan tidak mudah percaya dengan jamu tradional kemasan 'oplosan' bahan kimia yang membahayakan. Jamu oplosan tersebut sudah banyak beredar di pasaran.

"Obat tradisional tidak ada efek sampingnya dan penyembuhannya relatif membutuhkan waktu lama. Kalau efeknya cepat berarti itu jamu oplosan," kata Kepala Dinkes Jatim Harsono, Jumat (12/9/2014).

Ia menerangkan, jamu tradisional kemasan saat ini banyak ditemukan dalam penjualannya. Bahan-bahannya dicampur dengan bahan kimia yang dapat merusak tubuh. Seperti mengandung kortikosterid yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

"Kami selalu menyosialisasikan kepada masyarakat agar berhati-hati dalam mengonsumi jamu kemasan," tuturnya.

Mantan Bupati Ngawi ini menerangkan, pihaknya bersama dengan Balai Besar POM dan kepolisian rutin menggelar razia ke obat-obatan tradisional kemasan. Karena diindikasikan banyak jamu tradisional yang dioplos dengan bahan kimia.

"Kami (Dinkes) terus melakukan pendataan perusahaan jamu tradisional. Tujuannya juga untuk menertibkan izin edarnya," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news