Home » » 5 tanda tubuh terlalu banyak olahraga

5 tanda tubuh terlalu banyak olahraga


Olahraga memang diketahui sebagai salah satu cara yang efektif untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Sadar akan hal itu, Anda pun melakukan olahraga secara ekstrim.

Namun hal yang dilakukan secara berlebihan tidaklah baik. Begitu pula dengan olahraga. Olahraga berlebihan justru dapat menimbulkan penyakit untuk tubuh.

Inilah tanda bahwa Anda terlalu keras dalam berolahraga seperti dilansir dari indiatimes.com.

Anda merasa lelah setelah berolahraga
Salah satu manfaat dari olahraga adalah Anda merasa segar setelah melakukan aktivitas fisik tersebut. Namun apabila setelah berolahraga Anda justru merasa lelah dan lemas, maka itu dapat menjadi tanda bahwa olahraga yang Anda lakukan terlalu berlebihan.

Kurang waktu tidur atau tidak tidur sama sekali
Olahraga yang baik akan meningkatkan sirkulasi darah Anda sehingga membuat Anda rileks setelah melakukannya. Namun jika Anda merasa sulit tidur karena terlalu lelah, kemungkinan besar olahraga yang Anda lakukan terlalu berlebihan.

Ketidakseimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon merupakan salah satu efek dari olahraga yang berlebihan. Sebab apabila dilakukan terlalu berlebihan, maka sistem hormonal di dalam tubuh Anda akan terganggu dan membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah.

Mudah merasa 'galau'
Gangguan mental seperti mudah sedih, galau, dan stres adalah salah satu tanda dari berlebihnya olahraga yang Anda lakukan. Sebab apabila dilakukan dengan baik dan tidak berlebihan, justru olahraga akan membuat Anda merasa lebih segar dan berenergi.

Pemulihan tubuh yang lambat
Olahraga yang dilakukan secara berlebihan juga akan membuat proses pemulihan tubuh karena cedera akan bergerak lambat. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh internal Anda juga bergerak melambat.

Olahraga memang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun lakukanlah dengan bijak dan sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news