Home » » Ini Penyebab Orang Mengigau Saat Tidur

Ini Penyebab Orang Mengigau Saat Tidur

Sesekali orang berbicara saat tidur atau dikenal dengan istilah mengigau. Berbeda dengan mimpi, orang yang mengigau biasanya tidak ingat apa yang terjadi saat ia tengah terlelap. Lantas mengapa orang bisa mengigau?

"Mengigau biasanya terjadi saat masuk fase tidur dalam," jelas dr Andreas Prasadja, RPSGT, praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (2/5/2014).

Menurut dokter yang akrab disapa dr Ade ini, mengigau tidak ada kaitannya dengan mimpi, sehingga orang yang mengigau biasanya tak ingat kalau dia berbicara atau bergumam saat tidur.

"Pemicunya adalah kurang tidur. Jadi kalau orang sering mengigau bisa jadi tanda kalau dia kurang istirahat," tambah dr Ade.

Mengigau juga bisa dipicu oleh penggunaan obat-obatan tertentu, kafein, dan alkohol. Namun sebelum Anda mencari bantuan dokter, dr Ade menyarankan sebaiknya perbaiki jam tidur dan tambah waktu istirahat.

"Tambahlah tidurnya. Kurang tidur itu masalah serius, nggak sepele. Kurang tidur bisa menyebabkan produktivitas turun, gampang sakit. Nggak bisa diabaikan," terang dr Ade.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news